Tanaman Hias Pendek

Tanaman hias yang akan dirawat di dalam ruangan biasanya dipilih yang ukurannya tidak terlalu besar, terutama jika Anda memiliki banyak furnitur dan tidak ingin membuat ruangan menjadi lebih sesak dengan tanaman hias. Oleh karena itulah Anda akan membutuhkan tanaman hias pendek berikut untuk memberikan aksen pada ruangan:

Echeveria

Sukulen Echeveria adalah salah satu tanaman hias yang populer dari keluarga sukulen. Tanaman hias ini memiliki perawakan yang mungil dan pendek sehingga dapat ditanam pada pot kecil.

Karena ukurannya yang mungil dan pendek inilah tanaman hias yang satu ini cocok ditempatkan di dalam ruangan yang sempit sekalipun untuk memberikan nuansa segar pada ruangan.

Chinese money plant

Chinese money plant yang juga disebut sebagai coin plant merupakan tanaman hias yang dipercaya dapat membawa keberuntungan dalam kepercayaan China. Tanaman hias ini memiliki nama ilmiah Pilea peperomioides dan berasal dari Provinsi Yunnan di Tiongkok.

Keunikan dari tanaman hias yang satu ini adalah bentuk daunnya yang hampir bulat sempurna seperti koin dan juga tebal. Selain itu, permukaan daunnya juga mengilap dengan warna hijau yang menyegarkan sehingga tampak indah dipandang.

Tanaman giok

Tanaman giok juga dikenal dengan nama jade plant. Sama seperti chinese money plant yang dipercaya dapat membawa keberuntungan, tanaman hias yang berasal dari keluarga sukulen ini juga merupakan tanaman hias pembawa keberuntungan dalam feng shui.

Tanaman giok sama seperti saudaranya yang lain dari keluarga sukulen, yaitu memiliki daun dan batang yang tebal dan berair serta berperawakan mungil. Oleh karena itulah Anda dapat menjadikannya hiasan di dalam rumah dan menempatkannya sesuai dengan anjuran untuk menarik keberuntungan.

Bambu hoki

Bambu hoki yang dimaksud di sini memang bukan tanaman bambu sungguhan, melainkan tanaman hias mirip bambu yang sebenarnya termasuk keluarga sukulen. Batang tanaman hias ini kerap diikat bersama hingga membentuk pola tertentu, baik spiral maupun berundak.

Karena tanaman ini tidak terlalu tinggi, bambu hoki kerap dijadikan hiasan dan diletakkan di atas meja atau bufet. Tanaman hias ini dipercaya mampu mendatangkan keberuntungan dalam feng shui sehingga cenderung mudah dijumpai di lingkungan orang-orang yang percaya dengan kebudayaan tersebut.

Peperomia

Peperomia memiliki banyak spesies sehingga tampilannya pun sangat beragam. Namun, peperomia memiliki ciri umum, yaitu batangnya tebal dan daunnya berdaging. Daun peperomia juga tumbuh berkelompok dan rapat membuat tanaman ini tidak begitu tinggi meski daunnya lebat.

Tinggi peperomia rata-rata hanya sekitar 15 – 30 cm. Ditambah dengan laju pertumbuhan yang cenderung lambat, tanaman hias ini sangat tepat untuk dijadikan tanaman indoor karena Anda tidak perlu repot memangkas.

Bagi Anda yang sibuk dan kerap bepergian misalnya karena perjalanan bisnis, tidak perlu takut memelihara peperomia karena tanaman hias yang satu ini dapat bertahan hidup meski tidak disiram selama beberapa hari.

Meski tidak termasuk dalam daftar tanaman hias pendek di atas, tanaman hias dari keluarga anggrek umumnya tidak begitu tinggi. Oleh karena itulah anggrek juga dapat dijadikan pilihan sebagai tanaman hias untuk mempercantik rumah. Misalnya anggrek jenis cattleya.

Meski pertumbuhan batang dan daunnya tidak begitu tinggi, anggrek cattleya memiliki bunga yang ukurannya cenderung lebih besar jika dibandingkan dengan jenis anggrek lain. Artinya, Anda dapat menikmati keindahan bunganya dengan lebih maksimal.