Kegiatan yang Dapat Kita Lakukan untuk Menjamin Ketersediaan Air Tanah

Manusia menggunakan air bersih yang berasal dari tanah untuk memenuhi kebutuhannya baik untuk memasak, minum, mandi, maupun mencuci. Oleh karena itulah peran air tanah dalam kehidupan manusia sangat penting.

Sayangnya, ketersediaan air tanah kini semakin terancam karena pencemaran air serta semakin berkurangnya luas hutan yang menjadi tempat resapan air. Untuk menjamin ketersediaan air tanah, manusia perlu melakukan beberapa hal.

  1. Menanam Pohon dan Melestarikan Hutan

Pohon dan hutan memiliki peranan yang sangat vital di bumi ini. Selain sebagai habitat flora dan fauna yang beragam, hutan juga menjadi sumber oksigen bagi makhluk hidup bumi. Namun, fungsi dan manfaat hutan rupanya tidak hanya sampai di situ. Pasalnya, hutan juga menjadi sumber air bersih.

Ini karena hutan menyerap banyak air hujan dan membantu air dalam proses infiltrasi (masuk ke dalam tanah). Air yang masuk ke dalam tanah ini nantinya akan melalui berbagai proses penyaringan oleh partikel tanah hingga akhirnya tersedia sebagai air tanah yang bersih dan dapat dikonsumsi.

Dengan menanam pohon serta melestarikan hutan, jumlah air hujan yang dapat masuk ke tanah dan menjadi air tanah pun semakin banyak.

  1. Tidak Menebang Pohon Sembarangan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pohon memiliki peranan yang sangat penting dalam menyediakan air tanah terutama dengan aktivitas perakarannya. Perakaran pohon tumbuh bebas di dalam tanah dan memecah butiran tanah yang keras sehingga menjadi lebih gembur dan berpori.

Dari pori-pori tanah tersebutlah air hujan dapat masuk ke tanah dan menjadi air tanah. Artinya, apabila Anda menebang pohon sembarangan, pohon yang berperan dalam menggemburkan tanah pun akan berkurang. Akibatnya, kemampuan tanah dalam menyerap air pun akan ikut berkurang.

  1. Membuat Sumur Resapan Air

Di samping menanam pohon dan melestarikan hutan, menjamin ketersediaan air bersih juga dapat dilakukan dengan cara membuat sumur resapan air hujan.

Seperti namanya, sumur resapan air hujan adalah sumur yang dibuat secara khusus untuk menampung air hujan sehingga tidak mengalami run off (mengalir bebas di permukaan tanah) atau menggenang.

Dengan membuat sumur resapan air, sebagian besar air hujan pun dapat meresap masuk ke tanah. Bencana banjir pun dapat dicegah karena sebagian besar air hujan masuk ke tanah dan tidak mengalir bebas di permukaan.

  1. Tidak Menggunakan Air Secara Berlebihan

Penggunaan air bersih harus dilakukan dengan cermat dan bijak. Pasalnya, penggunaan air bersih yang boros dan berlebihan dapat menyebabkan terjadinya krisis air bersih, terutama di era ini di mana pencemaran banyak terjadi di mana-mana dan hutan yang menjadi tempat resapan air juga semakin sempit.

Oleh karena itulah kita semua perlu menjamin ketersediaan air bersih dengan cara mematikan keran air saat tidak digunakan. Misalnya saat menggosok tangan saat mencuci tangan maupun saat mencuci piring. Menghemat air bersih juga dapat dilakukan dengan cara menggunakan shower atau pancuran saat mandi.

Penggunaan Tabung filter air memang tidak termasuk tulislah kegiatan yang dapat kita lakukan untuk menjamin ketersediaan air tanah. Namun, penggunaannya sangat penting untuk meningkatkan kualitas air bersih.

Pasalnya, Tabung filter air memiliki kemampuan untuk membersihkan air tanah dari kotoran maupun mikroorganisme dan zat berbahaya sehingga lebih sehat.

Similar Posts