2 Pilihan Cara PowerPoint Jadi Video untuk Pemula

Cara PowerPoint jadi video pada dasarnya sangatlah mudah. Meskipun demikian, fakta membuktikan jika masih banyak yang belum bisa melakukannya. Nan, untuk Anda yang merasa seperti itu, tidak perlu khawatir. Setelah membaca tutorial dari neotekno.com ini, dijamin Anda akan bisa melakukannya.

Lebih menarik adalah alasan kebanyakan orang kenapa banyak yang mengubah PowerPoint menjadi video. Selain itu, lebih mudah dipahami juga sering menjadi alasan lainnya.

Nah, untuk Anda yang ingin mengubah PowerPoint jadi video, paling tidak ada dua pilihan cara yang bisa dipilih. Namun yang perlu digaris bawahi adalah tutorial yang akan diberikan di sini dijamin sangat mudah dipraktikkan.

Cara PowerPoint jadi Video dengan Fitur Save As

Cara pertama yang bisa Anda pilih adalah dengan menggunakan fitur Save As. Namun yang harus diperhatikan adalah cara pertama ini hanya bisa digunakan para PowerPoint versi 2010 ke atas.

Nah, untuk Anda yang tertarik dengan cara yang pertama ini, berikut ini adalah langkah-langkah yang harus dilakukan:

  1. Buat terlebih dahulu presentasi PowerPoint. Setelah itu simpan dengan cara tekan Ctrl + S.
  2. Langkah berikutnya adalah menyimpannya ke dalam format video. Caranya pada menu File, pilih Save As. Kemudian pilih folder untuk menyimpan video tersebut.
  3. Pada kotak dialog Save As, isi kotak tersebut dengan (1) File Name: ketik nama video. (2) Save as Type: pilih sesuai kebutuhan. Dalam hal ini bisa mp4 atau wmv. Kemudian akhiri dengan klik Save.

Setelah itu, PowerPoint secara otomatis akan menyimpan video tadi ke dalam format Full HD (1080p). Cara yang pertama ini bisa dikatakan sangat mudah. Sayangnya tidak ada pilihan untuk kualitas video yang lain. Dengan kata lain kualitas video yang ditawarkan hanya Full HD (1080p).

Meskipun demikian Anda tidak perlu khawatir. Pasalnya ada cara lain yang bisa Anda pilih jika ingin memilih kualitas video lainnya. Caranya adalah dengan menggunakan fitur Export.

Cara PowerPoint jadi Video dengan Fitur Export

Untuk Anda yang ingin mencoba cara PowerPoint jadi video yang kedua ini, beberapa langkah yang harus Anda lakukan adalah:

  1. Buat terlebih dahulu presentasi PowePoint lalu simpan ke dalam format .pptx. Caranya bisa dengan menekan tombol Save atau Ctrl + S.
  2. Pada menu File, untuk PowerPoint versi 2010, klik Save & Send lalu pilih Create a Video. Sementara untuk PowerPoint versi 2013 ke atas, klik Export lalu pilih Create a Video.
  3. Pilih kualitas video. Untuk PowerPoint versi 2010 dan 2013 pilih Computer & HD Displays, Portable Devices, atau Internet & DVD. Sementara untuk PowerPoint 2016 ke atas, pilih Ultra HD, HD, Full HD, atau Standard.
  4. Atur Timings and Narrations (lama waktu dan narasi). Caranya adalah:
  • Jika Anda tidak merekam narasi berjangka waktu, maka pilih Don’t Use Recording Timings and Narrations. Dalam hal ini waktu default yang dibutuhkan setiap slide sebelum pindah ke slide berikutnya adalah 5 detik. Namun jika ingin mengubah pengaturan waktu, Anda bisa melakukannya di kotak Seconds spent on each slide.
  • Sementara itu jika Anda ternyata sudah merekam narasi berjangka waktu, langsung saja pilih Use Recorded Timings and Narrations.
  1. Jika pengaturannya dirasa sudah selesai, lanjutkan dengan mengklik tombol Create Video. Setelah itu pilih folder penyimpanan dan pada kotak File Name, Anda ketik nama video. Kemudian pada Save as Type, pilih mp4 atau wmv. Selanjutnya klik Save untuk menyimpan video.

Nah, itulah dua cara paling mudah dan gampang yang bisa Anda pilih. Bagaimana, sudah siap untuk mencoba salah satu cara PowerPoint jadi video di atas?

Similar Posts